Minggu, 09 Desember 2012

Mata, Telinga, Otak, Mulut, Hati

KITA LAHIR SAMA

lahir
Bayi


Kita lahir dengan dua mata di depan wajah, karena kita tidak boleh selalu melihat ke belakang. Tapi pandanglah semua itu ke depan, pandanglah masa depan kita.

Kita dilahirkan dengan dua buah telinga di kanan dan di kiri, supaya dapat mendengarkan semua dari dua sisi. Untuk berupaya menyaring pujian dan kritikan untuk memilih mana yang benar dan mana yang salah.

Kita dilahirkan dengan otak didalam tengkorak kepala kita, yang tersimpan rapi sehingga tidak akan ada seorang pun yang dapat mencuri otak kita, fikiran kita dan ide kita. Apa yang di fikirkan dalam otak kita jauh lebih berharga daripada emas dan perhiasan.

Kita lahir dengan dua mata dan dua telinga, tapi kita hanya diberi satu mulut. Karena mulut adalah senjata yang sangat tajam, mulut bisa menyakiti, bisa membunuh, bisa menggoda, dan banyak hal lainnya yang berbahaya dari mulut kiata. Sehingga ingatlah mulut itu adalah harimau kita maka gunakanlah mulut itu untuk hal yang positif, sebaiknya sedikit  bicara namun lihat dan dengarlah sebanyak-banyaknya.

Kita lahir hanya dengan satu hati untuk di berikan rasa yang banyak. Rasa itu mungkin rasa cemburu, rasa curigaa, rasa cinta, rasa syukur dan rasa-rasa lainya.

Mata, Telinga, Otak, Mulut, dan Hati adalah komponen raga yang tak terpisahkan dalam diri manusia, yang diberikan tuhan kepada semua orang.

Oleh sebab itu setiap orang pada umumnya dilahirkan dalam keadan yang sama"namun ada beberpa hal saja yang membedakan. Mungkin hal itu dimana, dari keluarga mana, suku dan ras mana kita dilahirkan...namun bukalan alasan untuk kita hidup dalam perbedaan, mari kita gunakan kesempat hidup kita untuk bermanfaat bagi sesama. (oce)